slider

header ads

Dunia Dalam Genggaman, Dimulai Dari Kamu



Dunia dalam genggaman bukan lagi istilah yang mustahil. Itu sangat berlaku di jaman sekarang. What a proof?  Buktinya dengan kehadiran telepon pintar atau smartphone. Kenapa coba dibilang smartphone? Karena hampir semua aktifitas kita bisa lakukan dengan telepon pintar ini. misalnya seperti ;

·         Menghubungi Orang yang Jauh di Mata

Fungsi utama sebuah gawai pada dasarnya, kala itu adalah untuk berkomunikasi dengan orang yang jauh. Alat komunikasi jarak jauh yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati rasa rindu, yang kata Dilan ‘Rindu itu berat’.

Semakin kemajuan teknologi dibuat, kita nggak lagi hanya bisa mendengar suara orang disana. Tapi kita bisa Video Call. Melihat wujudnya secara realtime, jadi bisa tahu gimana keadaan orang tersayang. Apa benar-benar baik-baik saja disana.

·         Belajar

Yess belajar juga bisa banget lewat telepon pintar, sudah ada namanaya mesin pencari. Apa itu mesin pencari? Bagi sebagian besar orang Indonesia pasti tahu Google kan, itulah yang namanya mesin pencari. Kita tinggal mengetikkan kata kunci yang mau kita cari di internet, mau materi sekolah, materi kuliah, resep makanan sampai cara mengetahui perasaan si dia.

So it was possible, selain dari mesin pencari. Sudah banyak aplikasi-aplikasi yang bisa menjadi sarana kita belajar tentang hal apapun. Ada aplikasi untuk anak yang bisa membantu proses belajar anak, mulai dari usia dini sampai tingkat SMA.

·         Hiburan


Manusia butuh hiburan, itu kodrat ya. Apapun itu bentuknya, hiburan sangat di butuhkan bagi kita yang kadang sumpek dengan kegiatan sehari-hari yang kayaknya gitu-gitu aja. Mulai dari dengerin musik kesayangan, kita ngggak perlu lagi bawa-bawa walkmen dan kaset yang seabrek untuk mencari lagu yang ingin kita dengar sesuai dengan suasana hati. Di telepon pintar kita bisa mengoleksi ratusan bahkan ribuan lagu kalau kapasitas penyimpanan kita besar.

Menonton film atau video, sudah nggak perlu lagi TV. Sekarang sudah banyak stasiun televisi yang menyediakan streaming online. Jadi kita bisa mengakses saluran tv kesayanagn kita melalui telepon pintar kita ini. Apalagi anak jaman now nih ya. Udah lebih ngerti yang namanya youtube. Mereka lebih suka nonton youtube daripada TV. Film bioskop-pun sekarang sudah banyak aplikasi menontonnya sendiri, jadi nggak perlu ke bioskop lagi. Walaupun kadang filmnya emang nggak up to date seperti di bioskop. Tapi banyak kan film yang belum kamu tondon dari jaman kegelapan sampai jaman yang terang benderang seperti ini?

Bermain game sih ini sarana hiburan yang paling diminati, sebagian besar orang yang memegang gawai pasti pernah memainkan permainan. Mulai dari game sederhana seperti yang ada di tamagochi sampai game HD dengan grafis standar playstation 3/4.

·         Cari Jodoh


Aduh ini isu paling sensitif ya dimana-mana. Apakah ini termasuk sara? Bagi sebagian kali ya, apalagi kalau ditanya ‘kapan kawin?’ itu adalah pertanyaan paling rasis pada abad ini. nah di smartphone ini ternyata bisa benget loh cari jodoh. Banyak aplikasi-aplikasi yang menawarkan perkenalan dengan teman kencan. Tinggal pilih saja, mau aplikasi yang kencan syar’i(taaruf) atau aplikasi kencan biasa aja. Ketemu, langsung deal hahaha.


Gimana? Dunia dalam genggaman memang sudah benar-benar terjadikan. Dan hal diatas itu adalah baru sebagian fungsi dari telepon pintar ini loh.

Sedangkan bagi aku sendiri, suka dengan telepon pintar karena aku bisa langsung nulis ide-ide cerita yang terlintas begitu saja tanpa aba-aba. Ini penting banget loh, soalnya ide itu kan bukan seperti Jailangkung. Yang bisa datang di jemput pulang diantar. Jadi sebisa mungkin aku harus sigap untuk mencatatnya. Keberadaan smartphone bantu banget karena bisa mencatat ide kapanpun dan dimanapun, selain mencatat ide. Aku juga bisa langsung nulis cerita aku di gawai. Kadang itu ng-blank kan kalau udah di depan laptop. Bahkan teman aku juga ada yang nulis novelnya 100% hanya dari telepon pintarnya. Keren yah. Dimanfaatkan banget gitu smartphonenya untuk berkarya.

Tapi, ada tapinya nih. Nggak semua telepon pintar itu bisa leluasa melakukan itu smeua. Kadang ada yang terkendala Ram atau prosesornya yang membuat aplikasi yang kita butuhkan banget jadi lemot atau malah nggak bisa di instal sama sekali karena Ram-nya kecil. Ada pula yang baterainya boros banget kan, nggak asik ya, kita lagi nulis eh baterainya abis. Sama aja itu mah useless.

Nah aku mau ngenalin nih telepon pintar yang murah meriah tapi bisamendukung aktivitas kita sehari-hari. Brand ternama Asus kali ini mengeluarkan Zenfone Max M2 nih, dengan ramnya yang 3GB kamu bisa banget nih melakukan segala kegiatan diatas dan menginstal aplikasi yang kamu butuhkan sesukamu tanpa perlu khawatir memorinya habis. Kapasitas penyimpanannya aja sebesar 32GB duh itu bisa simpan berapa lagu coba ya? Zenfone Max M2 ini juga menggunakan prosesor yang terbaru yaitu Qualcomm snapdragon 632, yang merupakan versi upgrade dari Qualcomm snapdragon 625 yang terkenal punya performa tinggi tetapi hemat daya dan nggak cepat panas.



Baterainya jangan ditanya lagi awetnya gimana, soalnya Zenfone Max M2 ini memakai baterai yang sampai 4.000,AH yang pastinya awetnya kebangetan untuk seharian dipakai bahkan lebih.  Layarnya pun 19:9 resolusi HD+ , dengan ukuran 6,2 inci untuk bermain game dan menonton makin puas. System pure Android Oreo 8.0 yang sangat ringan untuk bermain game. Untuk  lebih jelas tentang spesifikasi dari Zenfone Max M2 lihat tabelnya di bawah ini ya.


Spesifikasi
NetworkTechnologyGSM / HSPA / LTE
Launch
Announced
Status
2015, August
Status     Available. Released 2016, January
BodyDimensions
Weight
SIM
156 x 77.5 x 10.6 mm (6.14 x 3.05 x 0.42 in)
202 g (7.13 oz)
Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
DisplayType
Size
Resolution
Multitouch
Protection
IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
5.5 inches (~69.0% screen-to-body ratio)
720 x 1280 pixels (~267 ppi pixel density)
YES
Corning Gorilla Glass 4 – Asus ZenUI
PlatformOS
Chipset
CPU
GPU
Android 5.0.1 (Lollipop), upgradable to 6.0.1 (Marshmallow)
Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410
Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53
Adreno 306
MemoryCard Slot
Internal
microSD, up to 64 GB (dedicated slot)
8/16 GB, 2 GB RAM
CameraPrimary
Features
Video
Secondary
13 MP, f/2.0, laser autofocus, dual-LED (dual tone) flash
Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
[email protected]
5 MP, f/2.0
SoundAlert Types
Loudspeaker
3.5mm jack
Vibration; MP3, WAV ringtones
YES
YES
COMMSWLAN
Bluetooth
GPS
Radio
USB
Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
4.0, A2DP, EDR
Yes, with A-GPS, GLONASS, BDS
FM Radio
microUSB 2.0, USB On-The-Go
FeaturesSensors
Messaging
Browser
Java
Accelerometer, proximity, compass
SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
HTML5
NO
– 5GB free lifetime ASUS WebStorage
– MP3/WAV/eAAC+ player
– MP4/H.264 player
– Document viewer
– Photo/video editor
– Power Bank function
BatteryStand-by
Talk Time
Non-removable Li-Po 5000 mAh battery
Up to 914 h (3G)
Up to 38 h (3G)
MISCColorsBlack, White
TestPerformance
Display
Camera
Loudspeaker
Audio Quality
Battery life
Basemark OS II: 713 / Basemark OS II 2.0: 624
Basemark X: 1844Contrast ratio: 1093 (nominal), 2.068 (sunlight)
Photo / Video
Voice 63dB / Noise 66dB / Ring 75dB
Noise -93.4dB / Crosstalk -95.2dB
Endurance rating 121h

Keren banget kan smartphone Asus Zenfone Max M2 ini, harganya juga terbilang murah dengan spesifikasi yang canggih dan memuaskan. hanya dibaderol dengan harga Rp. 2.599.000 aja untuk smartphone dengan kelengkapan yang maximal ini. 

Post a Comment

0 Comments