slider

header ads

Perbedaan HTTP dan HTTPS, Narablog Harus Tahu Hal Ini




Baru-baru ini aku tahu nih perbedaan HTTP dan HTTPS dan ternyata itu berpengaruh banget dengan blog kita. Terutama bagi kelen yang baru aja pindah domain dari blogspot.com atau wordpress.com
Kemarin itu aku browsing-browsing tentang ciri-ciri website yang nggak aman dan menjadi sarang penipuan berkedok hadiah gitu. Salah satu cirinya yaitu tanpa adanya huruf S dibelakangnya. Karena huruf S ini mengandung arti Secured. Which is artinya sudah aman, dan terverifikasi oleh pihak keamanan dunia internet.

Nah coba deh perhatikan http di belakang website kita sekarang, apalagi yang baru beli domain baru nih. Yuk perhatikan satu hal yang penting banget. Kalau kita menggunakan blogsot, itu sebenarnya udah ada peringatannya sebelum kita mengganti domain yang kita beli itu seperti dibawah ini.



Nah ternyata bukan itu aja loh, ada beberpa keunggulan HTTPS yang wajib kita tahu antara lain.

·         Melindungi Informasi Web Kita : Kalau blog kita di retas/hack maka data yang diretas akan dienkripsi ketika dikirim oleh peretas, SSL / HTTPS akan melindungi data tersebut sehingga tidak dapat dibaca. Nah, ini penting nih untuk yang blog/webnya berisi informasi penting seperti data perusahaan, transaksi jual-beli dll.

·         Menaikkan peringkat di mesin pencari : Nah ini penting banget kan, siapa coba yang nggak mau websitenya jadi peringkat satu di pencarian google. Seenggaknya ada deh di page one nya, walaupun nggak jadi nomer satu. Google sekarang lebih memililih-milih kana hal ini, tentunya untuk kenyaman para penggunanya, agar terhindar dari penipuan atau hal lainnya.

So gimana caranya untuk merubah HTTP menjadi HTTPS? Nah silahkan ikuti tutorial link dibawah ini. Aku pun ini dapet dari Mas Zen yang merekomendasikan, setelah aku tanya gimana caranya agar bisa berubah menjadi HTTPS.


Yuk ah para Narablog harus lebih aware dengan hal ini, biar kita bisa berkarya lebih nyaman dan aman.


Post a Comment

3 Comments

  1. Siaaap, gegara artikel ini langsung nengok settingan blog..

    Master Zen mah emang keren, dua jempol (y)

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah, blogku sdh pake https. Tingkat keamanannya memang lebih tinggi drpd http.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung dan memberikan komentar. 😘