slider

header ads

All Of Us Are Dead - Ada Zombie di Sekolah

 



Satu lagi series Korea yang bertemakan mayat hidup alias Zombie, setelah sebelumnya ada Happiness. Yang nggak ada happy-happy nya, udah nikah bohongan buat dapetin apartemen. Eh itu apartemen malah jadi tempat isolasi mandiri sekaligus sarang zombie.

Balik ke All of Us Are Dead yang berfokus dengan cerita anak-anak sekolah di SMA Hyewon yang mendapati guru sains-nya membuat virus yang tadinya untuk membuat anaknya kuat. Karena anaknya ini diem aja pas di-bully sama teman-temannya. Namun karena si anak ini lemah dan nggak punya keinginan hidup lagi, jadi kalah sama virusnya dan berhasil menguasai si anak. dan membuat dia  menjadi zombie yang haus darah. Sementara itu ternyata sebelum di tes ke anaknya, ada satu tikus yang dijadikan bahan percobaan dulu. Tikus pembawa virus ini berhasil gigit satu siswi yang nggak sengaja nemuin tikus ini setelah bersih-bersih ruang praktikum sains. Ketawan dong sama guru itu, sang guru yang takut virus ini nyebar. Langsung menyekap si siswi yang niatnya sebenarnya baik Cuma caranya aja yang nggak baik.

Setelah sehari hilang, keluarganya nyariin dong! Dan nanyain ke sekolah juga teman-temannya, adakah yang melihat si siswi ini? Teman sekelasnya bilang terakhir kali ngliat dia ya pas lagi bersih-bersih itu. Wali kelasnya langsung nanya ke guru sains-nya dan dia bilang nggak liat kok. Soalnya kemarin dia juga langsung pulang. Padahal sebenarnya siswi itu di sekap di dalam ruangan khusus milik si guru sains, yang ternyata sekaligus labolaturium membuat virus itu.

Saat sang guru sains ini pergi, si siswi berhasil kabur sampai ke kelas dan bilang kalau selama ini dia diculik dan dijadiin bahan percobaan sama gurunya. Terus langsung pingsan gitu aja.  Dibawalah dia ke UKS buat diobatin, tapi pas di UKS si siswa ini udah mulai berubah jadi zombie ganas dan berhasil sedikit gigit perawat di UKS. Setelah dibius si siswi dibawa ke Rumah Sakit, sedangkan si Guru sains ini dilaporin ke polisi. Si guru berontak dan bilang jangan bawa ke RS nanti bahaya karena kalau digigit sama dia bakal jadi zombie. Tapi ya tipikal film zombie atau disaster movie pasti ada aja pihak-pihak yang nggak percaya. Zombie kan cuma ada di film-film doang, gak ada di dunia nyata kata mereka(nya puguh kalian teh lagi di film!)

Teror pun dimulai saat perawat di UKS berubah jadi zombie dan mulai nyerang anak-anak. Jadilah satu sekolah itu penuh dengan para zombie dan beberapa petualangan menegangkan siswa yang mencoba survive di tengah kegilaan para zombie.

 

Sombie, Parasit dan Siput Gila di Spongebob

Beda dari film zombie lainnya dan menurut gue pribadi menarik banget yaitu dengan adanya Sombie alias “Setengah Zombie” seperti yang gue jelasin diatas sebenarnya virus ini dibuat untuk bikin manusia kuat. Tapi ini virusnya mematikan banget, buat orang-orang yang nggak kuat imannya dan pasrahan bukannya kita yang mengendalikan tapi kita yang dikendalikan sama virusnya. Kalau di filmnya ini si guru pernah ngasih tahu tentang siput yang terserang parasit yang berasal dari genus Leucochloridium, yaitu cacing pipih pintar yang menggunakan gastropoda atau sejenis siput sebagai inang perantara. Pada tahap awal infeksi, larva cacing akan masuk ke dalam tubuh siput. Kemudian, parasit ini mulai bergerak menuju area mata dan kepala untuk mengambil alih tubuh inangnya.

Setelah terinfeksi dengan sempurna, maka si siput  akan melakukan tindakan aneh. Matanya berpijar-pijar seperti glowstick dan bergerak naik turun yang bertujuan untuk menarik perhatian predator seperti burung. Dengan seperti itu, burung akan mengira kalau siput itu adalah belatung atau ulat yang merupakan makanannya.

Ciri-ciri siput yang terinfeksi biasanya akan berada di tempat yang cukup tinggi dan terpapar sinar matahari. sehingga burung akan langsung tertarik melihatnya. Ketika burung menyantap siput tersebut, maka cacing parasit tersebut akan berubah memasuki masa dewasa. Di dalam saluran pencernaan burung, larva Leucochloridium dewasa akan melepaskan telur. Telur parasit ini kemudian akan diekskresikan oleh burung, dimakan oleh siput, siput menjadi gila, burung datang memangsa, larva berkembang lagi, dan begitulah siklus tersebut terus berulang. 

Kalau suka menonton Spongebob, di sana ada salah satu episode siput gila yang berjudul “One Bitten”. Dimana Gery, siput peliharaan spongebob menjadi gila dan membuat orang yang digigit akan menjadi zombie. Bisa jadi penulis naskahnya terinspirasi dari Spongebob Squarepants nih hahaha.

Kembali ke Sombie, mereka yang setengah zombie ini tuh kayak Wolverine di X-men yang undead banget dan super kuat. Contohnya aja si Gwi-Nam yang harusnya ikut jadi zombie eh ternyata malah virusnya takluk sama dia. Karena Gwi-Nam ini punya ambisi pengen bunuh si Cheong-San. Dendam gitulah yang buat dia nggak kalah sama virusnya, kayak punya tujuan yang sama antara virus dan Gwi-Nam. Beberapa kali di jatuhin dari gedung, tetap aja bangkit lagi si Gwi-Nam. Sumpah deh jadi lebih takut sama Gwi-Nam dari pada Zombie-nya.

 

Tayang langsung Full Episode

Seperti kebiasaan Netflix yang kalau original seriesnya selalu langsung mengeluarkan seriesnya full episode. All of Us Are Dead pun begitu, jadi kita nggak perlu puasa seminggu sekali buat nungguin episode selanjutnya. Maraton seharian pun kalau kuat hayok. Gue sendiri namatin ini sekitar dua hari. Kalau sepengamatan gue baru Netflix doang yang berani ngeluarin full episode setiap seriesnya. Gak seperti OTT atau aplikasi streaming film lainnya yang kayakanya masih mencoba sistem penyiksaan kepada para penontonnya.

 

Apakah akan ada season keduanya?




Bagi yang sudah menonton sampai akhir, mungkin ada dua kubu. Pertama kubu yang puas dengan endingnya saat ini dan kubu kedua yang kurang puas dan butuh season selanjutnya. Gue sendiri cukup puas dengan ending season satunya ini, karena yaudah kan kota Hyewon nya jadi di tutup dan warga yang selamat masih di karantina mungkin akan di pindahkan ke tempat lain.

Tapi emang agak open ending karena ternyata di kota Hyewon masih banyak para Sombie kayak Nam-Ra. Mungkin season selanjutnya akan lebih ke sisi para Sombie ini survive atau mereka tertangkap dan dijadikan bahan penelitian dan mesin perang macam film-film Marvel gitu. Berharap sih ngak kayak sekuelnya Train To Busan yang menurut gue kurang puas sama sekuel film ini. Dari pihak Netflix sendiri pun belum ada konfirmasi kejelasan tentang season kedua ini, tapi Netflix kan kadang emang suka ngagetin kadang yang ada season 2 nya eh taunya gak jadi. Begitupun sebaliknya.

Post a Comment

0 Comments