slider

header ads

3 Permainan Kata yang Mengasah otak, Menambah Diksi

 


Siapa yang tidak suka permainan, masa sih kamu gak suka! Sejak kecil kita sudah banyak bermain dengan banyak permainan. Mulai dari yang tradisional sampai digital. Dari permainan yang melatih fisik, hingga yang mengasah otak.  Nah berikut ada permainan atau games digital yang cocok untuk penulis, karena bisa mebambah diksi dengan menyenangkan. Dan tentu bisa untuk semua orang yang ingin mengisi luang dengan bermain permainan yang mengasah otak ini.

1. TTS (Teka Teki Silang)

Siapa yang tidak tahu TTS? Permainan TTS ini sejak dulu sudah populer. Saking populernya permainan ini dulu, hampir di semua koran, majalah dan tabloid ada halaman khusus yang memuat TTS.

Cara bermain :

  •  Pilih TTS yang ingin kamu mainkan, bisa dari buku TTS, Koran atau unduh aplikasi permianan TTS yang sudah banyak di Playstore atau App Store untuk IOS
  •  Setelah itu kita akan diberikan beberapa kisi kotak baik secera vertikal atau horizontal (mendatar atau menurun) dengan variasi kotak.
  • Cermati nomer dan kisi yang akan kita isi. Kemudian baca petunjuk katanya. Harus diperhatikan juga ya keterangannya, jangan membaca petunjuk nomer tiga mendatar, tapi kamu mau mengisi nomer tiga yang menurun. Karena sudah pasti akan beda jawabannya.
  • Setelah membaca dengan baik petunjuknya, hitung berapa kotak yang tersedia. Kemudian isi jawaban kamu. Jika kamu benar, sudah pasti akan membantu memberi petunjuk untuk kolom berikutnya. Kalau salah, kamu akan tambah kebingungan.

 

2. KATLA


Permainan ini menurut saya pribadi cukup sulit. Kita tidak banyak diberi petunjuk, tidak seperti TTS kita akan diberi petunjuk berupa kalimat. Di KATLA kita hanya di beri satu petunjuk, yaitu hanya ada lima huruf! ya L-I-M-A H-U-R-U-F!! Kita harus menebak kata yang tepat, dan kita diberi enam kesempatan kesempatan untuk menebak.

Dan enaknya KATLA ini kita tidak perlu menginstal aplikasi, cukup melalui browser bawaan dengan mengetikkan alamatnya yaitu katla.vercel.app

Nah cara bermainnya adalah :

  • ·Tebak-tebakan KATLA dalam 6 kesempatan. 1 hari satu kata rahasia, yup jadi kita tidak bisa bermain sepuasnya. Hanya satu hari satu kata. Untuk bermain lagi, kita harus menunggu sampai besok lagi.
  • Setiap tebakan harus merupakan kata valid 5 huruf sesuai KBBI(Kamus Besar Bahasa Indonesia). Tekan tombol ENTER untuk mengirimkan jawaban. Kata rahasia ini bisa buah-buahan, kata sifat, hewan bebas pokoknya selama itu ada di KBBI. Jadi jangan berpatokan pada hal tertentu ya!
  • Setelah jawaban dikirimkan, warna kotak akan berubah untuk menunjukkan seberapa dekat tebakanmu dari kata rahasia. Untuk keterangan warnanya adalah Hijau untuk huruf sudah di posisi yang tepat. Warna cokelat(agak orange caramel) menandakan huruf ada di kata rahasia, tapi posisi belum tepat. Dan terakhir warna abu-abu untuk huruf yang tidak ada sama sekali di kata rahasia. Dan beruntung di keyboard kita nanti akan tanda warnanya juga, jadi silakan memikirkan huruf yang tepat untuk jawabannya.

3. WOW atau Words of Wonders : Kosa kata


 

Hampir mirip seperti KATLA, ini bisa sepuasnya kita mainkan tapi harus instal aplikasinya dan cukup banyak iklan . Bentuknya seperti TTS lalu dibawahnya kita diberikan huruf acak.

Nah cara bermainnya adalah :

  • Unduh dulu aplikasinya Words of Wonders
  • Setiap sesi kita diberi sebentuk rangkaian TTS dan huruf acak yang harus kita susun menjadi kata apa saja sesuai berapa kotak yang kosong di sana.
  •  Menyusun hurufnya seperti kita membuka kunci handphone yang menggunakan sandi pola, jadi harus berurutan.
  • Jika tidak ada kata yang dimaksud, tapi kata itu ada di KBBI kita akan mendapat permata yang bisa digunakan saat kita tidak bisa menjawab. Misalnya kita tinggal satu lagi yang belum tertebak, kita tinggal klik ikon lampu, nantinya akan ada satu kata tambahan huruf yang diberikan sebagai petunjuk tambahan untuk kamu menebak.
  • Semakin banyak yang kamu tebak akan semakin mudah menjawabnya.
  •  Ada tombol acak di tengah huruf untuk mengacak susunan huruf yang bisa membantu kamu menjawab.
Nah tadi itu tiga permainan kata yang bisa kamu pilih untuk mengisi waktu luang ata istirahat. Apalagi saat bulan puasa seperti ini, kamu bisa bermain dengan teman-teman juga untuk membantu menebak. Atau kamu punya permainan lainnya? Coba tuliskan permainan yang kamu rekomendasikan di kolom komentar ya.

Post a Comment

1 Comments

Terima kasih telah berkunjung dan memberikan komentar. 😘